Mengenal Flores Lebih Dalam Melalui Burung

0 1,023

Dalam kurun sepuluh tahun belakangan, nama Flores menjadi semakin populer bagi wisatawan dari berbagai belahan dunia. Setiap tahun, jumlah kunjungan wisatawan baik domestik maupun mancanegara terus mengalami peningkatan. Perpaduan keberagaman budaya dan kekayaan alam adalah faktor penting yang dimiliki pulau seluas 13.540km2 ini.

Kekayaan alam flores tidak hanya terbatas pada bentang alam yang menakjubkan tetapi juga kekayaan biodiversitas di dalamnya. Salah satu yang sangat populer adalah kekayaan burung – burung baik endemis, indigenous maupun introduksi.

Flores sebagai bagian dari gugusan kepulauan Lesser Sunda juga turut berkontribusi pada pencapaian teori evolusi global oleh Charles Darwin melalui pengumpulan data pengamatan Alfred Russel Wallace di kepulauan Nusantara pada kurun 1854 – 1862.

Jauh berabad lamanya, sebelum Flores ramai dikunjungi oleh wisatawan seperti hari ini, para peneliti kehidupan alam liar dan biodiversitas telah menjelajah Flores, bukan hanya sekedar jalan – jalan biasa, apalagi hanya ber-selfie ria. Mereka mengumpulkan semua data kekayaan hayati yang dimiliki pulau yang indah ini, dan menjadikannya tonggak beragam teori tentang sejarah kehidupan.

Pesona kekayaan hayati atau biodiversitas Flores belum berakhir. Meski telah mengalami degradasi kualitas dan kuantitas, namun Flores masih menyimpan kekayaan hayati yang menakjubkan. Salah satunya adalah kekayaan burung.

Hingga tahun 2017, data burung endemik Flores mencapai 17 jenis. Tingkat endemisitas yang sangat tinggi berbanding luas pulau 13.540 km².

Data jenis burung endemik Pulau Flores masih sangat mungkin untuk terus bertambah, seiring begitu bnyaknya kawasan yang belum tersentuh aktifitas pengamatan di pulau berpenduduk 1,9 juta jiwa ini. Pengamatan burung yang lebih intens di Flores akan membuka cakrawala baru pengetahuan tentang pulau yang juga disebut Nusa Nipa ini.

Melalui blog jagarimba.id ini, penulis ingin lebih dalam dan intens memperkenalkan kekayaan hayati Flores, terutama kekayaan burung – burungnya, sebagai pintu mengenal Flores lebih dekat dan lebih dalam.

Burung Flores

Leave A Reply

Your email address will not be published.